most popular

Kamis, 01 Desember 2011

Dua Nada DO



Aku menatap bayanganku di cermin yang memiliki tinggi hampir sama denganku.
“Hidup aku tuh nggak pernah indah!! Nggak pernah sempurna kayak di cerita – cerita!”
 Aku mencubit pipiku dengan tangan kedua tanganku.
“Para tokoh utama selalu dideskripsikan dengan kalimat cantik, manis, tajir, dan jalan kemana – mana mesti pake mobil. Apalagi punya sahabat – sahabat baik. Sudahlahaku bener – bener kebalikan dari semua kalimat di atas.”
 Aku membenarkan seragamku di badan, merapikan rambutku yang belum ku sisir.
“Satu – satunya yang dapat aku banggakan dari diriku adalah kepintaranku. Aku dijamin gratis sekolah karena beasiswa yang aku dapet waktu tes masuk pertama di sekolahku. Kalo nggak tentu aja orang tua aku bakal kesulitan buat lunasin biayaya sekolah aku. Papa aku Cuma pekerja kantoran biasa. Buat ngisi waktu luang, biasanya mama ku yang jago masak bakal ambil catering job.”
Bayanganku di cermin telah mengatakan : SEMPURNA, aku beranjak dari tempatku, mengambil tas dan turun ke lantai bawah untuk berangkat sekolah.
“Aku terbiasa hidup sederhana. Ini yang bikin aku sedikit tersingkir dari temen – temen aku di sekolah. Mayoritas temen – temen aku merupakan anak orang – orang yang bergelimang harta. Mereka sering melakukan pesta hura – hura. Mereka tentu saja mengundangku. Tapi yang aku punya hanya beberapa gaun simple dan tentunya jauh dari kata mewah. Sedangkan tujuan acara itu sendiri menurut aku cuma ajang pemer duit orang tua mereka. Ck.ck.ck. dan aku ? apa yang harus aku pamerkan?”
Aku berjalan ke depan rumah dan memakai sepatu cats merahku.
“dari kecil aku berteman baik dengan tetangga aku yang kembarnya cuma physically aja. Pikiran, kelakuan, bahkan hati mereka tuh beda tauk ! cowok yang pake seragam rapi banget, yang pake kecamata itu namanya Fado. Yang satu lagi, yang selenge’an nan acak – acakan, hasil copy-paste Fado yang gagal namanya Redo. Yang cantik, pake seragam merah putih, pipinya chubby itu Refa, adik si kembar tadi. Meski masih kelas 5 SD, ini anak jago banget maen biola. Mamaku menyebut tetangga kami ini keluarga DOREMI. Sadar nggak sih kalo nama mereka diambil dari nama tangga nada? DO-RE-MI-FA-SOL-LA-SI-DO! Abis keluarga mereka tuh cinta banget sama musik.”
Aku menyempurnakan ikatan tali sepatuku dan menyebrang ke rumah DOREMI.
“aku dan temen – temen yang lain lebih suka panggil manusia kembar itu DOREMI juga kerena jelas lebih mudah dan efisien. Keluarga om Marcell tu baik banget deh. Seperti pagi ini dan pagi biasanya, aku loncat ke rumah DOREMI buat nebeng ke sekolah. Tante Meme juga baiik banget deh. Keluarga bahagia banget deh.”
Masih seperti biasanya juga, di dalem mobil si Refa paling semangat kalo cerita.
“kak Ocha.. kita mau liburan, mama pengen camping kayak biasanya. Tapi kak Ocha harus ikut kali ini kata mama! Ikut ya kaak.. temenin Refa ya Refa nggak mau jadi korban kak Redo sendirian! Nanti Refa mesti dilempar ke sungai lagi !” muka Refa memohon.
“wah..akhir pekan ini ya? Kakak usahain deh Fa.”
“udah deh Fa Ocha tu penakut. Mana berani di alam terbuka?” Redo tersenyum menggoda.
“pokoknya kak Ocha kudu ikut ! eh.. kak, Refa punya cerita, semalem tu kak Redo..”sengaja Refa menggantung kalimatnya, tapi malah sebuah bantal mini yang berasal dari samping kemudi berhasil nimpuk jidat Refa. Refa menutup mulutnya semanis mungkin.
“ooyang punya nama marah..”Refa mengeliring nakal.
“awas ya Fa, aku ceburin ke sungai lagi deh kamu!”
“eh, kakak jelek! Nggak usah pake ngancem deh. Lebih baik tu kakak kumpulin duit yang banyak buat beli eskrim. Ya.. dari pada aku bocorin ke kak Ocha!!”
Redo menahan ucapannya, berpura – pura tidak mendengar agar Refa tidak semakin berulah.
“dasar kecil ! pinter politik juga” Fado melirik Refa dari kaca spion tengah sambil tersenyum tipis.
“kak Fado.. Refa tu pengen jadi kayak kakak! Jadi bintang kelas, banyak yang naksir. Mmh..” wajahnya sok dewasa dan kemudian melirik kakaknya yang satu lagi dengan usil.
“udah deh kak Ocha..jadian sama kak Fado aja. Kalo di tembak kak Redo jangan mau ya! Udah jelek, berantakan, kalo bobok suka ngiler. Parah deh” Refa menggelengkan kepalanya. Suasana sempaat hening, kemudian semua tertawa kecuali Redo.
“apa – apaan sih Fa?” ucapanku hampir bebarengan dengan Redo dan Fado yang hanya berselisih sepersekian detik.
“ceilee..kompakan! kata Stela, temen aku satu bangku, kalo cewek sama cowok dihadepin terus pada salah tingkah berarti pada jatoh cinta..cie..” Refa mulai lagi dengan keusilannya. Dasar anak kecil! Celoteh gadis manis itu usai ketika mobil yang aku tumpangi berhenti tepat di depan sekolahnya.
“daa! Kak Ocha, nanti aku cerita deh..”Refa berbisik dan melambaikan tangan.

Begitu sampai di sekolah aku memasuki kelas dengan Redo. Bencana ini satu kelas denganku. Dimataku, Fado memiliki nilai yang lebih dibanding Redo. Fado memiliki sifat yang lebih dewasa dan sikap melindunginya selalu lebih dominan. Berbeda dengan Redo, dia bener – bener usil, jiwa – jiwa pengganggu. Sumpah deh, biang kerok itu paling sering bikin aku nangis dari dulu. Dari kecil, waktu maen bareng sering banget aku dikerjain. Yang waktu naik sepeda aku di tabrak sampai jatoh, diceburin di kolam renang sampai tenggelam, di tinggal ngumpet, di dorong sampai kecebur ke selokan yang sumpah bau banget! Hasil dari kelakuan sablengnya mesti bkin aku nangis dan selalu berakhir dianter pulang sama Fado. Meski tante Meme udah marahin Redo abis – abisan, tetep aja nakalnya nggak ilang.
Pernah deh, pertama masuk SMA, ada cowok royal yang hampir aja deket sama aku gara – gara penindasan waktu MOS. Beruntung banget deh pikirku. Kata temen aku satu kelas yang dulu temen dia SMP tu cowok terkenal royal banget. Dikit – dikit ajak traktiran. Belom lagi temen – temen deketnya yang mesti bakal kecipratan lebih banyak.
Shok! Gila deh.. abis hari penindasan MOS tepatnya waktu pulang sekolah pernah tu si royal nyamperin aku. Dia udah berdiri manis di depan aku. Mau aja suara merdu keluar dari bibir manisnya. Dan perusak suasana datang. Redo narik tangan aku sok manis. Sumpah! Manis yang memuakkan bagiku. Dia bilang sama si cowok royal sok manis sok bijak. Aarrrghh!
“sory ya, tapi kita udah harus pulang!” Redo melayangkan pandangan tak bersahabat.
Aku di tarik tu dokar manis banget kalo dilihat. Padahal sakit banget yang aku rasa di pergelangan tanganku. Kasar banget deh. Aku sempat lihat ke belakang. Jelas deh kalo muka si royal kecewa banget. Mesti dia mikir aneh – aneh sama si dokar ini. Tiba – tiba tangan Redo udah bertengger di pundakku dan menarik tubuhku agar lebih dekat dari jangkauannya. Ia menuntunku ke parkiran sambil berbisik
“ sejak kapan tukang nangis bisa jatuh cinta? Udah deh nggak usah mewek. Tuh cowok jelek juga! Bikin males aja. Apa sih bagusnya? Nanti deh aku cari-in. kamu mau yang model gimana? Mesti kamu ngelirik dia cuma dari dompetnya kan?”
What ! bikin telinga panas aja tu cowok! Aku lepasin kasar banget tangan Redo. Aku lari kenceng menuju pintu gerbang sekolah. Aku sebel! Ada air yang tertahan di mataku. Kenapa sih Redo mesti bikin gara –gara? Sebel! Aku bakal pulang sendiri dari pada si dokar bahagia atau bahkan lebih mojok in aku kalo aku pulang nebeng mobilnya. Aku langsung loncat ke bus pertama yang berhenti di depan sekolah. Aku duduk di bangku yang dekat jendela. Diikuti beberapa siswa lain yang masuk ke bus dan salah satunya duduk di sampingku.
“Redo usil lagi ya Cha?” aku menatap pemilik suara itu dan menumpahkan kekesalanku pada kembarannya.  Fado sengaja naik bus untuk mengejarku dan memerintahkan kembarannya untuk membawa mobil mereka pulang.
Iya kan Fado lagi yang bikin aku tenang? Iya kan Fado lagi yang tolong aku? Iya kan? Dan masih banyak kekacauan yang diciptakan oleh Redo yang akhirnya diredam oleh Fado dalam hidup aku. Kerup-Fuck deh !!

Kalo Tante Meme nggak ngerayu aku buat ikut, tentunya aku nggak aka nada disini. Dari kaca mobil keluarga Om Marcell yang terlihat cuma pohon – pohon yang menjulang tinggi, kanan kiri semuanya didominasi warna hijau. Kesimpulan yang dapat aku tarik : KITA LAGI DI HUTAN. Tapi aku sendiri nggak tau lagi di hutan mana. Sumpah ditabrak cowok cakep deh! Aku nggak begitu suka lagi sama kegiatan camping ber-camping  sejak berbagai pengelaman bodoh melanda diriku waktu masih duduk di bangku SD. Dulunya tuh bahagia banget kalo di ajak camp bareng temen. Tapi bagiku sekarang Cuma kenangan buruk yang udah dibungkus kerdus kuat – kuat. Pengelaman buruk deh! Pernah kesasar lah, digigit uler sampe badan gatel – gatel semua, sepatu ku yang kebakar  di tempat bekas bikin api unggun, luka – luka, dan lain – lain. Dan setelah rentetan musibah itu. I decided to change my argument : I hate camp.
Begitu sampai aku dan yang lain bantu – bantu nurunin bawaan dan bagi tugas. Mulai dari mendirikan tenda, siapin dapur dadakan dan lain – lain. Saat kami bekerja, Om Marcell cerita banyak banget. Mereka sering banget menghabiskan akhir pekan disini. Memang dari dulu aku selalu diajak oleh mereka. Tapi mesti aku tolak. Ngerti kan alasannya? Cuma kali ini nggak tega aja. Tante Meme ikut cerita, kalo di tempat ini adalah tempat pertama kalinya tante ketemu sama Om Marcell. Waktu sekolah mereka mengadakan persami. Yap, perkemahan sabtu-minggu. Waktu ada malam pentas seni, kedua sekolah mereka diminta untuk mementaskan pertunjukan bersama sebagai bentuk persahabatan. Waktu tampil, ternyata suara tante  Meme yang dibalut petikan gitar Om Marcell berhasil menciptakan suasana yang baru. Pas. Saling berkaitan. Hingga music mereka berlanjut dari tempat satu ke tempat lain, dari panggung satu ke panggung yang lain.
Tenda sudah siap. Masih siang juga sih. Fado mengajakku untuk cari ranting kayu kering atau segala sesuatu buat bikin api unggun nanti malam. Baru saja sedikit menjauh dari tenda yang kami dirikan, Om  Marcell berteriak menggoda
“hati – hati ya Cha..nanti jangan – jangan kamu ketemu cinta kamu disini juga.” Seketika itu juga mukaku memerah, Fado menatapku lurus penuh arti dalam beberapa detik dan kembali berjalan. Ia tersenyum, aku berusaha menjajari langkahnya. Apa maksud Om Marcell ya? Dalam hatiku terus bertanya –tanya. Apa yang aku rasakan selama ini dengan Fado memang sungguh nyaman. Tapi? Nggak mungkin deh, dia itu berasa banget sosok kakak di hidup aku. Tapi? Fado juga perhatian banget sama aku. Apalagi kalo sodara kembarnya itu kumat usilnya. Sudah sudah, Om Marcell aja kali yaa yang ngaco?
Ranting telah memenuhi tempat yang kami bawa. Cukup banyak hingga pagi menjelang apabila Om dan Redo juga mengumpulkan sama banyak seperti kami. Tujuan kami selanjutnya adalah kembali ke tempat kami mendirikan tenda. Tapi aku menyadari ada yang salah dengan jalan yang kami lewati saat ini.
“Do..kita nggak kesasar kan? Tadi kayaknya nggak ada batu – batu gede ini deh?”
“nggak mungkin kesasar Cha, kamu kan tahu kalo aku sama keluarga sering kesini.” Fado tersenyum menggoda.
“ tapi tadi jalannya bukan gini deh..kita mau balik lewat mana sih?”
“emang kita mau balik ya?”
“Do..yang bener aja deh!” Air muka Fado berubah, fokus matanya tak lagi terarah pada mataku. Tapi menerawang jauh di belakangku hingga aku mengikuti arah matanya memandang.
“Do, ada apa sih?” aku mendekatkan tubuhku dengannya. Pikiranku melayang, membayangkan ada sebuah singa, macan,  babi hutan, atau hewan liar lainnya  yang mengintai kita dari jauh. Kemudian Fado tertawa kecil. Seperti bisa membaca pikiranku ia berkata,
“nggak Cha, Cuma monyet liar yang lagi kepanasan aja” Fado kembali tertawa
“sini tangan kamu, dari pada kamu ialng dibawa monyet liar yang ngamuk.” Diraihnya tanganku. Masih dengan nada yang sama: genggaman yang melindungi. Aku nggak ngeh maksud si Fado, tapi whatever lah dari pada ditinggal sendiri aku mengekor dibelakangnya.
“suara air deh Do?”
“ emang, tuh sungai..” jarinya menunjuk ke depan. Fado menambahi ucapannya lagi.
“ airnya bening, kalo udah disitu mesti lupa kalo kamu benci hidup di hutan”
Aku mengikuti langkah Fado, meletakkan ranting – ranting kering jauh dari sungai agar tidak basah dan melepaskan sepatu masing – masing. Fado menaikkan celananya agar tidak basah. Ia berlari dan masuk ke sungai yang dangkal nan bening. Ia membasuh wajahnya. Fado mengulurkan tangannya karena melihatku yang masih mematung di pinggir sungai. Aku tidak memiliki keberanian untuk sekedar menyapa aliran sungai yang ramah ini. Fado kembali naik ke permukaan dan berdiri tepat di sampingku.
“ogah Do.. takut tenggelam” Aku memundurkan tubuhku satu langkah.
“ada – ada aja deh.. Kamu aja terlalu paranoid. Lutut aku aja nggak basah. Mana bisa tenggelam?”Fado menggelengkan kepalanya.
“ayo dong.. sampai kapan? Dari pada Redo yang cemplungin kamu disini? Ngerti kan kalo dia over usil?” Aku  masih terdiam mempertimbangkan pernyataan Fado. Tapi tangan Fado telah melingkari pinggangku dan menuntunku. Aku beku atas perlakuannya yang begitu manis. Dan aku pun menurut.
it’s save princess.. dasar manja!!”
“ih.. beninga banget airnya! Wah.. ikannya banyak! Ih.. lucu..” Aku asik bermain air. Aku benar – benar tenggelam dalam kelupaanku. Sungainya asik deh. Kerikil di dasar sungai, ikan – ikan berenang menggoda di antara kakiku. Serta terdapat beberapa batu besar yang dapat digunakan untuk sekedar duduk – duduk. Dan Fado masih memanduku dengan tangannya yang benar – benar aman.
“hoiii.. cari kayu doang lama banget sih!! Malah bikin video clip, manis bener!!” pemilik suara itu menuju tempatku dengan muka yang sedikit masam.
“mau ikut bikin video clip? Ada yang cocok buat kamu. Duduk disana aja, jadi batu. Cocok deh” Fado membalas ketus pernyataan saudara kembarnya itu
“nggak, aku kesini cuma nge–check buat nanti malam. Kangen mancing.”
“sok keren.. eh.. ikut dong!!” Fado menggoda.
“ogah.. kamu nanti duduk manis aja di samping api unggun sama Ocha. Kasian tu anak mami kalo dibawa singa” Redo menyindir Ocha.
Sumpah deh. Pada nggak nyambung sama apa yang mereka omongin.
“kakaaaaak” kami menoleh, ternyata Refa lari menuju sungai dengan kecepatan tinggi dan langsung menabrakkan diri pada tubuh Redo. Alhasil mereka berdua tercebur ke sungai dangkal yang memercikan air ke arah kami. kemudian Refa berdiri bahagia.
“Ini pembalasanku hahaha!! Kak Redo rasain!!” Redo berdiri, ia tidak berniat untuk membalas adiknya, matanya bertaut dingin dengan mata Fado.
“udah deh kak, nggak usah lama – lama!” Refa menatapku geli. Otakku yang cerdas mengertikan tatapan Refa dengan cepat. Begitu manusia kembar tersebut melayangkan pandangan jahil. Refleks aku mengambil langkah seribu menjauhi sungai yang diikuti Fado dan Redo yang sepertinya mau mengejarku. Masih pada langkah ketiga, aku mengijak batu licin yang menyebabkan tubuhku limbung dan terjun bebas ke air sungai. Byuuuur.. Mereka tertawa
“ternyata nggak perlu susah – susah buat jatuhin kamu Cha!” arrrgh..Dingin! aku benci basah!!
Sampai malam menjelang, kami habiskan dengan canda tawa. Aku duduk di antara Redo dan Refa.  Sedangkan Fado memainkan gitarnya, kami semua ikut bernyanyi. Sesekali tangan Redo yang jahil menggodaku, dan tentunya kubalas dengan lebih sadis. Saat – saat seperti ini. Mengingatkan aku pada masa – masa berkemah di sekolah dasar. Di balik sisi gelap yang selama ini selalu menghadapku membuatku lupa akan terdapatnya sisi terang. Saat berkumpul, menyanyi, bermain tebak – tebakkan adalah hal yang menyenangkan. Kami benar – benar bernyanyi hingga malam larut. Bahkan Refa telah tertidur bersandar di pelukan Redo. Ternyata manusia usil itu begitu sayang dengan adiknya. Om dan Tante masuk ke dalam tenda, diikuti Redo menggendong Refa untuk ditidurkan.
Fado mendekatkan duduknya disebelahku. Ia memainkan sebuah ranting di tangan kirinya. Ia sedikit bercerita tentang masa kecilnya yang membuatku tertawa. Redo kembali dari dalam tenda. Ia duduk di sebelahku dan ikut bercanda.
“kali ini atau aku tidak akan pernah mengalah lagi” Fado berkata aneh di sela – sela cerita lucu Redo. Kami pun berhenti tertawa.
“baiklah..sepertinya aku sudah mengantuk. Kalian lanjutkan saja bercandanya.” Fado melangkah memasuki tenda.
“Aku belum ngantuk. Ayolah sehari ini aja deh, nggak usah usil susah ya?” aku berpura – pura memohon pada Redo.
“baiklah, ayo ikut aku.” Redo berdiri, ia mengambil tas ransel yang sepertinya penuh dengan perlengkapan.
“Do.. kita mau kemana? Gelap..serem tau. Udah deh, mesti mau bikin usil ya?”
“ini kan ada senter. Sialan, susah banget sih percaya sama aku. Nice pleace, trust me!” karena wajah Redo sedikit menampakkan keseriusan akhirnya aku mengalah dan ngikut dia dengan tanganku yang mencengkram erat lengannya. Semakin jauh dan jauh. Tiba – tiba langkah Redo berhenti. Aku semakin mempererat cengkraman tanganku. Redo memberikanku isyarat untuk diam dan menarik tubuhku dan bersembunyi di balik pohon yang besar. Sepertinya ada sesuatu bahaya yang akan mengancam kami. Redo merapatkan tubuhnya hingga tak ada ruang di antara kita, salah satu tangannya kurasakan berada di punggungku dan satu yang lain memegang kepalaku yang ku benamkan dalam pelukannya.
“maaf ya Cha, tapi sepertinya ada yang nggak beres deh. Kamu diam dulu, jangan bergerak. Posisi kamu jangan pindah” Redo berbisik. Jantungku berdegup makin kencang karena dua hal. Yang pertama karena asli takut setengah mati dan yang kedua karena ada sensasi yang berbeda ketika tubuhku menyatu dengannya. Ku beranikan diri untuk bertanya
“Do..ada apa sih?”
“kamu takut?”
Aku mengangguk
“nggak ada apa apa sih..Cuma iseng” ia melepas pelukannya dan merentangkan kedua tangannya. Kurang ajar ni anak! Mau copot dah copot nih jantung.
“awas ya! Balik nggak sekarang? Balik!” aku memukul – mukul tubuh Redo sebal.
Ia mendekatkan wajahnya tepat didepanku. Tuyul deh, ni anak berhasil buat aku membeku lagi. Redo meraih tanganku dan memutar tubuhku hingga sehadap dengannya. Kini aku membelakanginya. Tangannya kini beralih tepat memelukku dari belakang. Nafasnya yang hangat begitu terasa. Degup jantungnya menyatu dengan milikku.
“kamu lihat di atas sana..” tangnnya menunjuk ke langit.
“bintang? Wah.. banyak banget..” aku mencoba melepaskan diri dari rengkuhannya. Ia membiarkanku lepas.  Kami berada di tempat yang agak lapang, begitu sedikit pohon, sehingga mata kami tak terhalang untuk melihat langit.
“maaf, sebenarnya aku cuma mau kasih lihat bintang ini ke kamu. Tapi ternyata susah kalau nggak usil” Redo membuka tasnya dan megeluarkan tikar yang cukup untuk kami berdua. Aku duduk diatasnya dan berfikir ternyata Redo hanya bercanda. Aku pikir pelukan tadi..
“aku pikir kamu pinter banget. Orang idiot juga tau atuh neng.. kalau lihat bintang sambil duduk itu lama – lama patah leher kamu. Rebahan dong..” perkataan nya menabrak imajinasiku. Seperti orang bodoh, akhirnya aku menurut perkataannya. Redo masih duduk di sampingku, aku memandangnya. Tak begitu menghiraukan indahnya bintang – bintang yang di sebar oleh Tuhan dengan indahnya.
“kamu kena setan hutan ya Do?” aku bertanya, tapi ia tak menjawab, tangannya memegang puncak kepalaku. Mengacak – acar rambutku. Aku kembali duduk. Aku bingung dengan sikapnya. Ia semakin mendekatkan tubuhnya padaku. Di letakkannya kepalanya dibahu ku dan berbisik.
“tadi aku sudah janji sama Fado, kalau aku nggak ambil kesempatan malam ini, Fado nggak bakal mau ngalah lagi. Jadi habis pulang dari sini bilang sama si jagoan kamu itu kalo kita sudah jadian.” What ! What! What! What! Pemaksaan apa nembak nih anak? Nafasku tercekat, ada sesuatu yang membuat nafsku menjadi berat. Sesak. Aku lupa apa yang terjadi pada diriku.


Mataku belum terbuka, aku merasa hangat sekali. Apa hutan telah menjadi sehangat ini saat pagi hari? Mataku terbuka, tapi ini di sebuah ruangan. Putih..
“kak Ocha sadar? Syukur deh, semalem sesak nafas  kakak kambuh, Kak Redo yang nganter kesini bawa mobil. Nunggu Kakak, tapi belum sadar juga. Tadi pagi aku sama Kak Fado kesini. Kak Fado bawa Kak Redo balik sama mobil, dan aku maksa ikut buat nemenin Kak Ocha disini.” Refa masih bersama ceritanya yang kocak berhasil membuatku tersenyum. Berarti aku tidak apa – apa.
Selang oksigen masih bertengger di hidungku, aku bertanya pada Refa
“jadi Kak Redo dari semalam disini?”
“iya..cie..nanya in Kak Redo..”
“apaan sih Fa!” aku membela diri dengan suaraku yang masih parau
“ aku ngerti kok kak, kak Redo itu sebenarnya suka sama Kakak. Tapi ternyata dia itu nggak pernah berani ngomong. Aku, Papa, sama Kak Fado paling sering bikin dia cemburu. Kami tahu, dari dulu Kak Ocha paling ngerasa nyaman sama Kak Fado. Ya gitu deh selama ini kak fado yang kita jadikan korban buat bikin kak Redo cemburu..susah juga manjurnya. Dari dulu baru berani sekarang.” Dasar kakak yang payah. Aku diam
“Kakak berasa nyaman kan kalau sama kak Fado?” aku mengangguk.
“tapi Kak Ocha sayang kan sama Kak Redo? Mereka sebenarnya pada pengen menarik perhatian Kakak. Tapi cara mereka beda. Ya.. itulah Kak Redo yang jahil.”
“aku bingung Fa..kamu kecil – kecil jago banget berargumen?” aku tersenyum tipis.
“Kak Redo loh yang semalem temenin Kakak, ya.. kak Ocha bingung ya sebenernya sayang sama siapa?”oke deh.. lihat aja nanti” Refa mengedipkan mata.
Pintu dibuka, Redo dengan mata yang berlingkar hitam seperti panda masuk dengan membawa sesuatu.
“udah bangun Cha? Kamu makan ya?” Ia sibuk menyiapkan sesuatu yang dibawanya tadi. Kemudian pintu terbuka lagi, namun kali ini Fado yang masuk. Ia kemudian duduk di ujung ranjang. Ternyata yang dibawa Redo adalah bubur, ia meniupnya dan menyuapkan padaku pelan. Lingkar hitam di bawah matanya menunjukkan bahwa ia kurang tidur. Mungkinkah ia tetap terjaga saat menunggu ku sadar? Sepertinya apa yang aku rasakan pada Fado hanyalah rasa sayang yang muncula akibat Redo. Andai saja Redo tidak mengulur waktu untuk berkata yang sejujurnya, sepertinya Fado tidak akan pernah ada untuk menjagaku. Baiklah sepertinya aku harus memilih nada Do yang usil ini untuk memenuhi nada – nada lain yang telah ada dihidupku.
“do..” kedua nada Do tersebut menoleh..
“Redo..”ulangku..
“aku masih ingat apa yang kamu katakana semalam, Jadi habis pulang dari hutan aku harus bilang sama si jagoan aku, mmh maksudku Fado, kalo kita sudah jadian.” Aku tersenyum.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar