most popular

Selasa, 13 Desember 2011

IPA VS IPS


Ditulis dari kacamata ‘dork’ anak IPS yang ‘dog’ abis !!
Argument warga IPS yang berhasil bikin mausia IPA teriakiin kita ANJING

Eh..nggak usah manyun dulu! Pasti pada mikir buruk, apalagi lo..lo…lo… yang pada berstampel IPA ! Tulisan ini sendiri muncul karena adanya perasaan ‘under pressure’ dari guru – guru jahat berplat- jidat IPA!! Nggak usah disbanding – bandingin deh! Kenyataannya cara kita itu beda buat dapet ilmu J oke deh! Silogismenya bahwa premis umum : Nggak semua peserta didik IPS bodoh, premis khusus : aku tuh warga IPS, dan simpulannya : aku nggak BODOH :p
Aku heran kenapa guru – guru always nge- jugde IPS dengan kalimat onar, brandal, liar? Oke, mungkin alasan pertama : para siswa yang nilainya tidak memenuhi kriteria IPA akan terpaksa disingkirkan ke IPS, so that’s why mayoritas peserta didik IPS ber SDM rendah!! Alasan kedua : berkaitan dengan alasan pertama, bahwa tingkat kepandaian manusia berbanding lurus dengan perilaku dan sikapnya. Jadi nggak heran kan kalau kelakuan peserta didik IPS mirip kambing liar yang bikin guru – guru pusing.
Pembuangan peserta didik bodoh ke IPS masih dapat diterima akal sehat. Memang secara logika rangkaian mata pelajaran pada program IPS lebih mudah dibanding mata pelajaran pada program IPA. Waktu kelas X, aku lihat anak IPA tuh keren – keren, rapi – rapi, cantik – cantik ( meskipun lebih banyak yang cupunya dari pada cantik ). Jujur deh ! aku pengen di program IPA…pake jas laboratorium, ngitung kecepatan jatuh ingus dari idung ke tanah gara – gara gaya gravitasi,  mainin listrik, mainin cairan warna – warni di tabung reaksi. Whahahaha. Tapi mimpiku kena tsunami !
Ada dua alasan kenapa seorang manusia tanpa dosa bersemayam di IPS, yang pertama karena nilai peserta didik tersebut tidak mencukupi ( bahasa jujurnya : BODOH ), dan yang kedua karena seorang peserta didik ini memang dari hati pengen masuk di program IPS, kenapa?? Karena cita – cita mereka sendiri udah tertata, contoh : dia tuh pengen ambil hukum atau ekonomi, ataupun management. Dia masuk IPS agar ilmunya lebih terarah. Buat yang satu ini kita perlu acungi jempol deh. Maaf ya anak IPA kadang tuh aku nggak habis pikir sama mksud kalian. buat yang ngerasa aja deh!! Buat apa sih kalian masuk IPA? Jaga gengsi doang? Lucu tauk.. sering banget deh dengar anak program IPA di akhir tahun sekolah bakal ngelanjutin ke management, akutansi, ekonomi, dan berbagai program yang sehrusnya punya IPS. Bahkan mereka rela belajar lewat temen ataupun bimbel buat lulus ujian di universitas yang mereka pengen. Kurang kerjaan kan?
Masih ada kata ampun deh, buat mereka yang ambil jurusan netral seperti bahasa atau sastra, seni, ilmu ruwet komputer, atau olahraga. Oke, mereka sudah rugi waktu, duit, dan tenaga kan? Dasar bodoh.. mau juga nari – nari sama ikatan – ikatan kovalen yang nggak ngerti bisa ter- ikat gara – gara ruwet atau kesrimpet. Ayoo dooong.. keren dikit kenapa? Bukannya waktu kalian polos dan ingusan pada punya cita – cita pengen jadi dokter??
Pernah denger pepatah cina kuno : di IPA tuh dapat teori, tapi IPS mesti praktek-in. ngerti kan kalau kali ini lagi dibahas bab reproduksi? Pepatah cina tersebut merupakan terapan dari alasan kedua dari pertanyaan”kenapa guru - guru always…( read the second paragraph ). Jadi bukan karena IPS itu goblok – goblok pikirannya, Cuma yaa.. emang udah sableng aja moralnya.
Jadi IPS nggak bego – bego amat kan? Ya.. meski prosentasenya lebih banyak bego dari pada pinter. Eiiiits.. anak IPA nggak usah pada main kroyok deh. Ampuuun… sebenarnya tulisan ini sudah aku coba bikin se-adil mungkin. Ya.. tapi yang nulis kan warga IPS, jadi tanpa aku sadari ini ke-tulis dari prespektif peserta didik IPS yang ANJING abis. Jadi kan Cuma argument nih ceritanya! Warga IPA ada yang pengen menyangga argument sayaaa? Warga IPS tuh demokrasi banget loh.. tolong deh ya.. tapi nggak usah pake dihitung energi atau daya yang saya gunakan untuk menulis dan mengetik untuk bacaan yang bersifat argumentatif ini -______-“

Tidak ada komentar:

Posting Komentar